Setup Menus in Admin Panel

Pengembangan Konten E-learning

Latar Belakang

Pengembangan dan pengelolaan e-learning di lingkungan Telkom University didasarkan pada pertimbangan internal dan pertimbangan eksternal. Prinsip yang dikedepankan yaitu pengembangan e-Learning Tel-U sejalan dengan kepentingan internal Telkom University dan sejalan dengan regulasi (peraturan) pemerintah yang berlaku.

1. Pertimbangan Internal

Amanat pengembangan dan implementasi e-learning tertuang dalam beberapa kebijakan strategis dan aturan akademik Telkom University sebagai berikut:

  1. Visi dan Misi Telkom University
    Visi Visi Telkom University adalah menjadi perguruan tinggi berkelas dunia (World Class University) yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi.

    Misi

    1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional;
    2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen dan seni yang diakui secara internasional;
    3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen dan seni, untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa.

    Tujuan

    1. Tercapainya kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan;
    2. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, kompetensi dan daya saing nasional dan internasional;
    3. Menciptakan budaya riset, atmosfir akademik lintas budaya dan jiwa kewirausahaan di kalangan sivitas akademika;
    4. Menghasilkan karya penelitian dan produk inovasi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pembangunan ekonomi nasional.


  2. Statuta Telkom University
    Pada pasal 45 Statuta Telkom University tentang program pendidikan khusus, ayat 1 menyebutkan bahwa Universitas Telkom menyelenggarakan program atau skema pendidikan khusus yang meliputi alih kredit, fast track, program pendidikan internasional dan program pendidikan jarak jauh (PJJ). PJJ merupakan bentuk e-learning yang diselenggarakan oleh Telkom University. Dalam pelaksanaan PJJ diperlukan proses pengembangan e-learning.

  3. Renstra Telkom University 2014 – 2018
    Sejalan dengan rencana strategis Telkom University 2014 – 2018, e-learning secara langsung maupun tidak langsung memberi dukungan bagi pencapaian sasaran dan indikator kinerja Telkom University. Secara tidak langsung, e-learning memberikan kontribusi bagi peningkatan pencapaian webometric yang ditargetkan bisa mencapai ranking 200 pada tahun 2018. Secara langsung, e-learning yang baik, akan memberi kontribusi bagi penyelenggaraan PJJ dimana pada tahun 2018 ditargetkan mahasiswa PJJ memiliki student body 400 orang.

  4. Pedoman Akademik Telkom University
    e-Learning secara spesifik tertuang dalam Pedoman Akademik Telkom University pasal 55 tentang pendidikan jarak jauh. Pada pasal 55, PJJ dapat dijalankan berbasiskan program studi atau berbasiskan mata kuliah. Selain untuk program PJJ secara khusus, modus PJJ juga dapat diterapkan pada perkuliahan reguler dengan maksimum 25% dari total pertemuan yang diwajibkan.

2. Pertimbangan Eksternal

Amanat pengembangan dan implementasi e-learning tertuang dalam Permen Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Permen Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penyelengaraan PJJ.

  1. Permen Nomor 49 Tahun 2014 tentang SNPT
  2. Permen Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan PJJ

3. Justifikasi Pengembangan e-Learning

Berdasarkan pertimbangan internal dan eksternal di atas, baik secara program, bentuk pendidikan, strategi dan regulasi pemerintah, Telkom University ke depan membutuhkan pengembangan, implementasi dan pengelolaan e-learning secara intensif. E-learning dibutuhkan dalam 3 model yaitu Model pendidikan jarak jauh (PJJ), Model Blended Learning dimana e-learning dijadikan pendukung (supporting) dari perkuliahan reguler yang dilakukan dan Model Open Access Education sebagai bentuk penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi dari Telkom University ke masyarakat sejalan dengan visi dan misi Telkom University.

Untuk mendukung kebutuhan pengembangan dan implementasi e-learning sebagaimana dijelaskan di atas, Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) membuat Pedoman Pengembangan dan Pengelolaan e-learning sebagai standar pengembangan dan pengelolaan e-learning di lingkungan Telkom University.

 

Lingkup Pedoman Pengembangan & Implementasi e-Learning

Meskipun terdapat 3 model e-learning yang melatarbelakangi pembuatan pedoman pengembangan e-learning ini, namun dalam prakteknya, pedoman pengembangan e-learning mengarahkan untuk mengembangkan e-learning dengan standar pendidikan jarak jauh (Electronicbased Distance Education). Harapannya adalah, dengan pertimbangan standar pendidikan jarak jauh, maka standar pengembangan e-learning dengan model Blended Learning dan Open Access Education dapat dipenuhi, karena model pendidikan jarak jauh merupakan model yang memiliki kompleksitas konten, teknologi dan proses yang lebih banyak dibandingkan 2 model yang lain.

Pengembangan e-learning yang digunakan dalam pedoman ini mengacu pada proses adaptasi dan implementasi standar mutu ISO/IEC 19796-1 (ISO/IEC, 2005) yang berkaitan dengan standar proses, produk dan layanan pembelajaran (learning), pendidikan (education) dan pelatihan (training). Standar ini juga digunakan dalam pengembangan e-learning yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI). Pengembangan e-Learning DIKTI tertuang dalam Panduan Pengembangan dan Penyelenggaraan Kuliah Daring Indonesia Terpadu dan Terbuka. Berikut adalah gambar proses pengembangan dan penyelenggaraan e-learning hasil modifikasi dari proses pengembangan dan penyelenggaraan PDITT Dikti 2014.

Berdasarkan proses pengembangan e-learning di atas, terdapat beberapa pedoman atau panduan yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Panduan proses pengembangan e-learning
  2. Panduan pengelolaan e-learning
  3. Panduan rancangan program e-learning
  4. Panduan standar konten e-learning
  5. Panduan standar visual design konten e-Learning
  6. Panduan standar aplikasi e-learning
  7. Panduan standar infrastruktur e-learning
  8. Panduan standar evaluasi konten e-learning
  9. Panduan standar evaluasi program e-learning
  10. Panduan standar publikasi konten e-learning

Panduan atau standar dimaksud, digunakan sebagai panduan pengembangan dan pengelolaan e-learning baik pada penggunaan untuk model Blended Learning, Pendidikan Jarak Jauh dan Open Access Education.

 

Tujuan Pedoman Pengembangan & Implementasi e-learning

Tujuan Umum

Pedoman pengembangan dan penyelenggaraan e-learning ini bertujuan untuk menjadi panduan dalam proses pengembangan, implementasi dan penyelenggaraan (pengelolaan) e-learning di lingkungan Universitas Telkom.

Tujuan Khusus

Pedoman ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi Bagian Pengembangan Pembelajaran maupun Unit UPT Pendidikan Jarak Jauh, maupun unit kerja terkait lainnya dalam melakukan program kerja berkaitan dengan e-learning seperti:

  1. Penyelenggaraan Hibah e-learning
  2. Layanan Studio e-learning untuk pengembangan konten e-learning
  3. Penyelenggaraan PDITT Dikti
  4. Penyelenggaraan PJJ Universitas
  5. Open Access Education Telkom University
top
© CTLE Telkom University. All rights reserved.
X