Setup Menus in Admin Panel

Setup Menus in Admin Panel

Panduan Standar dan Design Visual Konten

1. Standar Teknis Konten e-Learning

  1. Third party software yang digunakan untuk menjalankan konten bersifat umum dan mudah diakses oleh pengguna.
  2. Konten sudah dibuat dalam format tertentu sehingga memudahkan bagi pembelajar untuk mengakses baik pada bandwidth tinggi maupun rendah.
  3. Konten dapat dijalankan pada sistem operasi yang umum digunakan.
  4. Video animasi dan format suara dapat di-play pada plug-ins yang umum atau dapat diperoleh secara gratis oleh mahasiswa
  5. Konten berbasis teks, dibuat dalam format yang standar sehingga dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa. format dimaksud seperti .ppt; .pdf; .doc
  6. Konten yang berupa video atau audio dapat diatur suara atau ukuran gambarnya oleh pengguna
  7. Dosen dan Mahasiswa memiliki hak untuk menggunakan konten baik dirumah maupun di kampus, kecuali yang memang sengaja dirancang penggunaannya pada waktu atau ruang tertentu.
  8. Pengguna dapat diberikan hak untuk meng-copy konten malalui media seperti CD atau Flash Disk untuk keperluan pembelajaran pribadi atau penelitian.
  9. Untuk konten – konten yang memang ingin dibatasi penggunaannya, konten dimaksud dilengkapi dengan User License untuk menjelaskan bagaimana konten dapat digunakan.
  10. Setiap konten yang diupload ke dalam LMS tidak melebihi 10 Mb
  11. Untuk keperluan pemeliharaan, konten dapat dihapuskan setelah mencapai usia 15 tahun.
  12. Penghapusan konten yang dimaksud pada butir 11, harus melalui persetujuan program studi atau koordinator mata kuliah.

2. Standar isi Konten e-Learning

  1. Konten e-learning dibuat dengan memperhatikan Hak Cipta, Plagiasi, dan kaidah – kaidah norma akademik yang berlaku di lingkungan Telkom University
  2. Konten e-learning dapat berupa

•  Petunjuk pembelajaran dalam jaringan
•  Lecturer note
•  
E-book
•  
Multimedia (gabungan teks, voice, animasi/simulasi, navigasi)
•  Multimedia interaktif (multimedia yang mengikutkan pembelajar berinteraksi dalam proses pembelajaran, seperti simulasi dan game).
•  Audio
•  Link referensi
•  Soal Latihan
•  Soal Pengujian

  1. Konten E-learning meliputi:

    1. Konten identitas dan deskripsi mata kuliah

•  Identitas mata kuliah berisikan
     –  Program (unit) pemilik mata kuliah
     –  Tahun kurikulum mata kuliah
     –  kode,
     –  nama mata kuliah,
     –  kompetensi mata kuliah atau peta kompetensi

•  Deskripsi mata kuliah berisikan informasi yang penting mengenai profil mata kuliah,
     –  prasyarat mata kuliah,
     –  kaitan mata kuliah dengan kompetensi yang lain,
     –  tingkatan (angkatan) mata kuliah,
     –  gambaran kegunaan mata kuliah di dunia kerja,
     –  tips dan best practice dalam mempelajari mata kuliah, dan
     –  informasi – informasi lain yang dianggap penting untuk disampaikan

•  Historis dan pengembangan berkelanjutan mata kuliah

2. Konten navigasi dan petunjuk pembelajaran

Navigasi pembelajaran adalah tanda – tanda atau ikon yang diberikan guna membantu mahasiswa atau pembelajar mengarahkan konten ke konten yang lain. Petunjuk pembelajaran adalah keterangan – keterangan tentang apa yang harus dilakukan dalam pembelajaran, bagaimana dilakukan, tahapan yang harus dikerjakan maupun petunjuk lain yang membantu mahasiswa melakukan belajar secara mandiri.

Konten petunjuk pembelajaran ada pada setiap tingkatan konten, yaitu

•  Navigasi dan petunjuk pembelajaran tingkat mata kuliah,

•  Navigasi dan petunjuk pembelajaran tingkat pokok bahasan,

•  Navigasi dan petunjuk pembelajaran tingkat sub-pokok bahasan,

•  Navigasi dan petunjuk pembelajaran tingkat konten utama

•  Navigasi dan petunjuk pembelajaran di dalam konten utama sesuai skenario penyampaian konten

•  Navigasi dan petunjuk pembelajaran untuk konten pendukung dan referensi

•  Navigasi dan petunjuk pembelajaran lainnya seperti petunjuk evaluasi maupun pengujian.

3. Konten identitas sumber belajar baik institusional maupun penyaji

•  Identitas institusional yang dimaksud adalah
     –  identitas universitas,
     –  identitas fakultas, dan
     –  indentitas program studi.

•  Konten identitas penyaji adalah identitas dosen dan identitas tutor e-learning.

•  Konten identitas baik identitas institusional maupun identitas penyaji dapat disampaikan dalam media teks, gambar, video, maupun multimedia.

4. Konten isi atau pembahasan

Ini merupakan konten utama yang berhubungan dengan bagaimana kompetensi yang direncanakan akan dicapai melalui konten utama ini. Konten utama dapat berasal dari luar (konten yang telah tersedia) atau konten yang dikembangkan oleh Dosen sendiri. Konten utama berhubungan dengan aktivitas utama e-learning:

•  Konten aktivitas perkuliahan baik sinkron maupun asinkron

•  Konten latihan soal

•  Konten evaluasi

•  Konten pengujian dan penilaian

•  Konten belajar mandiri

•  Konten sertifikasi

Konten utama ini dapat digunakan pada tingkat 1 pokok bahasan atau dapat juga untuk tingkat sub pokok bahasan sesuai dengan rancangan program e-learning yang dibuat. Dengan penjelasan ini maka dalam 1 pokok bahasan atau 1 sub pokok bahasan terdapat struktur sebagai berikut:

5. Konten pendukung konten utama

Pendukung konten utama dapat berupa konten – konten luar, link – link yang berhubungan, maupun informasi – informasi tambahan yang dapat memperkaya pembelajar (mahasiswa) dalam mencapai kompetensi yang diharapakan.

6. Konten referensi

Referensi berhubungan dengan acuan yang digunakan dalam pengembangan konten utama. Ini menjelaskan kutipan, catatan, ataupun informasi yang tidak dibuat sendiri oleh Dosen pengembang konten. Konten referensi juga dapat merupakan informasi referensi yang sebaiknya dipelajari juga oleh mahasiswa.

  1. Pengembangan konten harus meng-akomodasi gaya belajar mahasiswa berbeda seperti

•  Visual (melihat / membaca) : dapat menggunakan lecture note / e-book / video / multimedia

•  Audio (mendengar) : dapat menggunakan lecture note yang dilengkapi dengan narasi (audio) / video / multimedia / File suara.

•  Melakukan : soal latihan / simulasi atau multimedia interaktif.

  1. Untuk konten berupa video, dibuat durasi sekitar 10 sampai 15 menit. Untuk video yang panjang, dapat dibagi dalam beberapa video.

3. Standar Design Visual Konten e-Learning

  1. Penggunaan lambang atau logo (baik logo universitas, logo fakultas, atau logo program studi) mengikuti standar logo yang ada di Telkom University.
  2. Setiap screen dari konten (halaman pada slide atau frame dalam video) memuat logo Tel-U atau Logo Fakultas.
  3. Logo universitas atau logo fakultas dimaksud, diletakkan pada posisi bebas, asalkan tidak mengganggu konten utamanya.
  4. Konten yang dikembangkan diberikan navigasi menu, ikon, isyarat atau gaya yang konsisten
  5. Setiap ikon atau navigasi yang digunakan diberikan keterangan atau menggunakan simbol yang sudah umum digunakan
  6. Semua objek dalam konten yang dapat di Klik, diberika keterangan atau kesan bahwa objek tersebut dapat diklik.
  7. Tombol kembali (“back button”) diberikan
  8. Konten menggunakan penomoran yang konsisten untuk meng-identifikasi langkah – langkah yang dilakukan dalam penggunaan konten
  9. Pengaturan format harus dilakukan secara rapih sehingga tidak menggangu dalam pemakaian / pembacaan konten
  10. Kombinasi warna tulisan, gambar, background harus dapat memudahkan atau tidak mengganggu user dalam menggunakan konten.
  11. Fokus konten adalah isi pembelajaran. Agar dihindari objek tertentu yang dapat mengalihkan fokus pengguna (user), sehingga user tetap fokus pada konten materinya, bukan pada objek dimaksud.
  12. Teks diorganisasi dalam paragrap yang mudah dibaca
  13. Spelling dan terminology digunakan dengan benar dan konsisten
  14. Secara umum, latar belakang (background) dan pewarnaan mencerminkan warna atau identitas Telkom University.
Template Design © VibeThemes. All rights reserved.
X